Que Sera-Sera

Que sera-sera Dalam salah satu adegan di drama korea The Suspicious Housekeeper, ada dua remaja, lelaki dan perempuan, duduk di sebua...

Que sera-sera

Dalam salah satu adegan di drama korea The Suspicious Housekeeper, ada dua remaja, lelaki dan perempuan, duduk di sebuah sofa empuk apartement. Lelaki itu mendekati perempuan cantik itu sambil memberikan satu earphone yang sudah terhubung lagu dari handphonenya. Lagu yang terputar adalah ‘Que Sera Sera’ Apapun yang terjadi, maka terjadilah.

Aku tak mau membahas tentang dramanya. Aku ingin fokus padda lagu  Que Sera-Sera. Menarik sekali.

Sepertinya aku sudah pernah mendengar lagu ini sebelumnya. Entah dari mana, aku lupa tepatnya. Yang terpenting, aku sudah mendengarnya kembali dan mendalami lagu ini. Mendalami tak terlalu dalam sih. Hanya sekedar membaca lirik terjemahannya saja di salah satu web lirik lagu terjemahan, karena aku tak terlalu handal mengerti bahasa Inggris.

Coba di puter dulu deh

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/xZbKHDPPrrc" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Dan ini liriknya
When i was just a little girl
I asked my mother
What will i be
Will i be pretty
Will i be rich
Here’s what she said to me

“Que sera-sera,
 what will be, will be
The future’s not ours to see
Que sera-sera,
what will be, will be”

When i grew up and fell in love
I asked my sweetheart
What lies ahead
Will we havae rainbows
Day after day
Here’s what my sweetheart said

“Que sera-sera,
 what will be, will be
The future’s not ours to see
Que sera-sera,
what will be, will be”

Now i have childern of my own
The ask their mother
What will i be
Will i be handsome
Will i be rich
I tell them tenderyl

“Que sera-sera,
 what will be, will be
The future’s not ours to see
Que sera-sera,
what will be, will be”

Seorang gadis kecil penasaran dengan masa depannya dan kemudian bertanya pada Ibunya, ‘Kelak aku akan jadi apa? Apakah akan jadi wanita cantik? Ataukah jadi orang kaya raya?’. Dengan bijak, ibunya menjawab, ‘Que sera-sera, apapun yang kan terjadi, terjadilah. Kita tak tau apa yang akan terjadi di masa depan.’

Dan, gadis kecil itu tumbuh dewasa dan jatuh cinta. Dia-pun bertanya pada kekasihnya, ‘Apa yang akan terjadi, akan kah selalu ada pelangi dari hari ke hari?’, kekasihnya menjawab dengan penuh cinta, ‘Que sera-sera, apapun yang kan terjadi, terjadilah. Kita tak tau apa yang akan terjadi di masa depan.’

Kemudian, ia-pun punya anak. Anaknya pun bertanya padanya, ‘Kelak, akan jadi apakah aku? Akankah aku jadi pria yang tampan? Ataukah menjadi orang yang kaya raya?’, dan gadis kecil yang kini telah menjadi seorang ibu itu pun menjawab pertanyaan anak-anaknya dengan lembut, ‘Que sera-sera, apapun yang kan terjadi, terjadilah. Kita tak tau apa yang aka  terjadi di masa depan.’

Begitulah mungkin cerita dari keseluruhan lagu Que sera-sera. Bukan mungkin sih, emang iya. Aku hanya menuliskan ulang dari lirik terjemahannya yang aku baca di sebuah web.

Entah kenapa, aku sangat menikmati lagu ini. Setidaknya, membuat diriku tak begitu takut dengan apa yang akan terjadi ke depannya, tak meresahkan apapun, pasrah menerima apapun yang akan terjadi. Bila sudah terjadi, ya terjadilah. Apa yang harus dilakukan lagi? Mengutuki? Menggerutu sendiri? Atau-kah membenci diri sendiri?

Entah apa yang aku tuliskan kali ini.

Entahlah, bodo amat.

Kita sudahi saja.

Jika kalian sudah mendengar dan meresapi lagu ini, mungkin kalian akan mengerti apa yang aku rasakan saat ini. Ya, meskipun kalian tak akan mengerti perasaan-ku seratus persen. Setidaknya, kalian juga merasakannya bukan? Merasakan adanya kenyamanan.


Sudahlah, sudahlah, sudahlah. Kita selesai di sini.

Eh, arti Que sera-sera itu apa ya? mungkin apa yang akan terjadi, terjadilah? gitu ya? atau-kah kata-kata yang mengarah ke, 'Ya gitulah'? ya mungkin seperti itu sih yah. Takutnya malah ada yang bikin gosip aneh-aneh yang mengartikan itu 'Aku Yahudi' hehe

Dah ah, sudah dan beneran sudah.

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan berikan komentarmu

Powered by Blogger.