Bukan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta

Build love Jatuh cinta atau bangun cinta? Mungkin banyak sekali yang sudah menuliskan tentang hal ini. Dan aku tak mau membaca tul...

Build love
Jatuh cinta atau bangun cinta?

Mungkin banyak sekali yang sudah menuliskan tentang hal ini. Dan aku tak mau membaca tulisan sejenis sebelum menyelesaikan tulisan ini. Aku takut ketika membaca tulisan sejenis dan kami memiliki pikiran yang sama, maka aku jadi tak mood untuk menuliskan tulisan ini. Jadi, bila ada kesamaan dengan tulisan lain, ini hanyalah kesamaan pemikiran kami.

Bila jatuh cinta, menyakitkan rasanya. Kita akan di perbudak oleh cinta itu sendiri.

Bagaimana tidak, aku jatuh cinta kepada seorang wanita dan akhirnya aku selalu saja kecewa. Mengapa? karena wanita-wanita yang sempat aku cintai tak membalas cintaku. Dan aku, membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melupakannya. Aku telah diperbudak cinta karena aku jatuh cinta. Aku tak bisa mengendalikan rasa cintaku karena aku jatuh pada si cinta yang telah berhasil menguasai diriku sepenuhnya.

Kini, aku mulai mengubah pola pikirku menjadi bangun cinta. 

Seperti membangun pada umumnya. Kitalah yang sepenuhnya mengendalikan. Dan ketika membangun cinta juga kita bisa menerka-nerka dan mengusahakan bahwa cinta ini akan berlangsung lama dengan segala macam rencana. Misalnya, dasarnya harus kita pikirkan akan bertahan lama dan perawatannya bagaimana agar tetap nyaman.

Bukankah ketika ingin membangun bangunan juga seperti itu?

Kita harus punya dasar bangunan agar bangunan bisa berdiri dengan kokoh. Semakin tinggi bangunan yang akan dibangun, maka harus lebih mendalam lagi dasar pondasinya agar bangunan seimbang dan tak runtuh. Tidak hanya itu, perawatannya juga harus dipikirkan agar bangunan bertahan dengan lama. Bila sudah abis masa bangunan itu berdiri, robohkan dan membangun lagi dari awal.

Bagiku, cinta seperti itu sangat indah. Cinta seperti sebuah bangunan.

Apa yang menjadi dasar pondasi cinta? Allah yang akan menjadi dasarnya. Agar hubungan cinta ini menjadi kuat karena membangun cinta ini karena Allah. 

Ketika membangun cinta, aku juga dapat melihat keseluruhan prosesnya. Bisa kita bicarakan bersama bagaimana cinta yang ingin kita bangun, cinta yang seperti apa yang akan kita bangun. Memikirkan bagaimana perawatan cinta ini agar bisa bertahan lama. Bila sudah ada beberapa yang retak bagaimana caranya merenovasi cinta itu. Dan bila sudah habis masa cinta itu, maka harus menemukan cara baru mencintai atau membangun cinta mulai dari awal. Mencari sebuah alasan baru untuk tetap kembali mencintai.

Indahnya cinta seperti ini.
Membangun cinta lebih indah daripada jatuh cinta yang hanya akan membuat hati kita terluka. Karena jatuh cinta adalah cinta yang tak bisa kita kendalikan. Rasa cinta dalam hati tumbuh dengan sendirinya di hati kita tapi tidak di hati seseorang yang kita cinta.

Mari kita, bersama membangun cinta.

Oh, tulisan apa yang aku buat ini. Tidak penting. Hanya sebatas curhat. Hanya sebatas kegelisahan yang aku alami karena kecewa dan terluka berulang kali. Akhir kata, semoga bermanfaat.

email: cp.dayatpiliang@gmail.com

pic by: allfreestock/cupcake

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan berikan komentarmu

Powered by Blogger.