Syukurilah Keluarga yang Kita Miliki

Saya memiliki keluarga yang kurang harmonis, keluarga saya bukanlah dari kalangan yang kaya, saya hidup dalam keluarga yang sangat sederhana...

Saya memiliki keluarga yang kurang harmonis, keluarga saya bukanlah dari kalangan yang kaya, saya hidup dalam keluarga yang sangat sederhana, sebagian anggota keluarga masih tinggal di rumah nenek, dan sebagian lainnya merantau.

Banyak permasalahan yang terjadi didalam keluarga saya, mulai dari hal kecil sampai masalah yang besar sekalipun. Sebetulnya saya tidak suka kondisi seperti ini, dimana mereka dalam kondisi emosi saling berperang mulut mencari siapa yang salah dan siapa yang benar, semuanya tidak mau disalahkan, berbicarapun teriak-teriak, padahal jarak antara mereka yang sedang ribut tidak terlalu jauh, hanya sekitar dua atau tiga meter, tapi cara berbicara mereka seolah-olah jarak diantara mereka begitu jauh.

Sebenarnya masalah yang sering terjadi dalam keluarga besar kami karena saya, iya saya, bukan berarti saya yang mulai duluan keributan antara keluarga, saya diibaratkan sebagai emas yang sedang diperebutkan oleh anggota keluarga, itulah yang membuat mereka sering ribut.

Sejak umur sebelas bulan saya sudah di tinggalkan oleh orang tua kandung saya, saya dibesarkan oleh bibi saya yang tak lain ialah kakak kandung dari ibu saya. Pada saat saya kelas 4 SD, ibu saya balik kerumah keluarga besar kami, disinilah awal mula banyak keributan terjadi, mulai dari masalah saya, masalah warisan, dan masalah keserakahan seseorang. Saya tidak mau menjelaskan lebih detail permasalahan keluarga saya disini, doakan saja saya bisa menulis buku dalam bentuk novel untuk menceritakan jalan cerita keluarga saya yang dipenuhi dengan masalah.

Karena keributan yang sering terjadi saya lebih memilih untuk merantau, dan banyak anggota keluarga lain lebih memilih meninggalkan rumah yang bagi mereka seolah-olah itu adalah neraka yang ada didunia. Saya merantau bukan sekedar ingin menghindar dari masalah yang ada dikeluarga, saya pergi hanya untuk menenangkan situasi antara keluarga besar dulu, setidaknya dengan kepergian saya mereka sedikit lebih tenang. Saya juga memiliki tujuan untuk mempersatukan keluarga saya yang terpisah-pisah karena begitu banyaknya masalah.

Untuk kalian yang memiliki keluarga harmonis, keluarga yang lengkap, penyayang dan peduli kepada kalian, jangan tinggalkan mereka, jagalah mereka, pertahankanlah keluargamu, jangan membenci keluargamu, karena banyak orang diluar sana yang tidak bernasib sebaik dirimu, banyak orang diluar sana yang ingin memiliki keluarga sepertimu, termasuk saya juga, maka dari itu, bersyukurlah kepada Allah karena telah dianugerahi keluarga yang harmonis.

Saya juga sangat bersyukur diberi keluarga yang penuh dengan masalah ini, mengapa ? karena dari keluarga yang seperti ini saya mendapatkan pelajaran berharga untuk tidak mengulangi hal ini pada keluarga saya nantinya. Dibalik keluarga yang penuh masalah, saya rasa Allah ingin mengajarkan sesuatu hal yang berharga kepada saya, membuat saya lebih bijak, membuat saya lebih dewasa dari keluarga saya yang lainnya.

Mungkin sekian yang bisa saya sampaikan melalui tulisan yang sederhana ini, lebih dan kurangnya saya mohon maaf kepada teman-teman, saya hanya ingin memberikan hal yang bermanfaat kepada teman-teman. Syukurilah keluarga yang telah dianugerahi Allah kepadamu, jangan sampai keluarga kalian hancur hanya karena sebuah masalah yang bisa diselesaikan.

Salam

Jika ingin berbincang dengan saya, silahkan follow twitter @dayatpiliang atau facebook http://fb.com/fpdayatpiliang

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan berikan komentarmu

Powered by Blogger.